Cara membatasi Aktifitas Pengguna dengan Windows Parental Control

Cara membatasi pengguna (User Account)dengan UAC (User Account Control) Pada Windows
Melanjutkan tutorial sebelumnya mengenai Cara membuat User Account dan juga cara memberi password pada user account, kali ini kita akan belajar mengenai bagaimana cara membatasi pengguna atau user account lain pada komputer Windows agar user account atau pengguna tersebut hanya dapat melakukan hal-hal tertentu saja pada komputer kita.

Seperti yang kita tau bahwasanya pada Sistim operasi Windows terdapat fitur yang bernama User Account COntrol, dimana dengan fitur ini, kita dapat membatasi pengguna atau user account lain yang berjenis Standart user agar hanya dapat melakukan hal-hal tertentu saja. Artinya pengguna (Standart user) tersebut tidak punya akses penuh untuk melakukan perubahan pada komputer kita, seperti membatasi agar pengguna tersebut tidak dapat memainkan game pada komputer atau laptop kita, atau membatasi pada jam berapa pengguna tersebut dapat menggunakan komputer atau laptop kita.

Tujuan utama dari User Account Control (UAC) adalah untuk menjaga dan memberikan keamanan jika keluarga kita menggunakan komputer. sebagai contoh jika seorang anak dibawah umur menggunakan komputer kita, tentu saja membutuhkan adanya pendampingan penuh dari orangtua untuk mengarahkan anak tersebut dan membatasi agar anak-anak tidak dapat melakukan hal-hal yang lebih jauh dengan komputer. Nah dengan adanya fitur User Account Control (UAC) ini, kita dapat mengatur apa saja yang dapat dilakukan anak kita saat menggunakan komputer, seperti membatasi agar anak tidak dapat memainkan game, membatasi waktu untuk menggunakan komputer, dan juga membatasi aplikasi apa saja yang dapat dijalankan oleh anak tersebut.

Bagi orangtua yang mungkin punya kegiatan full time dengan pekerjaan atau sibuk dengan pekerjaan, mungkin fitur User Account Control (UAC) pada windows ini akan sangat membantu karena dengan mengaktifkan fitur User Account Control (UAC) pada komputer windows, maka anak-anak kita tetap terkendali saat menggunakan komputer, sehingga sebagai orantua kita tidak harus selalu mendampingi anak saat bermain komputer karena ruang lingkup mereka sudah terkendali dengan adanya fitur User Account Control (UAC) pada komputer windows ini.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur User Account Control (UAC) pada laptop atau komputer windows? sesuai dengan yang akan kita bahas kali ini, Saliders telah merangkum tutorial sederhana untuk mengaktifkan fitur User Account Control (UAC) pada Windows. mari kita pelajari bersama-sama.

Baca Juga :
Cara Membuat User Account Control Baru Pada Windows 7 32bit / 64bit
Cara Menambahkan Password pada Laptop atau Komputer

Cara membatasi Aktifitas Pengguna dengan Windows Parental Control

Cara mengaktifkan Windows Parental Control pada Windows 7 32bit / 64 bit

  • Langkah pertama, Klik start lalu pilih Control Panel
Cara membatasi Aktifitas Pengguna dengan Windows Parental Control
  • Langkah ke Dua, pada Control panel, pada bagian User Account and Family Savety, silahkan sobat saliders pilih Set Up Parental Controls for Any User
Cara membatasi Aktifitas Pengguna dengan Windows Parental Control
  • Langkah ke Tiga, pilih User Account yang akan kita batasi (Sebagai contoh disini Saliders akan membatasi User bernama Nazilah), Silahkan Klik User yang akan dibatasi
Cara membatasi Aktifitas Pengguna dengan Windows Parental Control
  • Langkah ke Empat, aktifkan Parental Control dengan memilih On, enforce current settings 
Cara membatasi Aktifitas Pengguna dengan Windows Parental Control
Seperti yang kita lihat, pada halaman Set up how Nazilah will use the computer ini terdapat tiga pilihan, diantaranya adalah Time Limits, Game Rating, dan Juga Programs Limits. 

Masing-masing dari penggaturan ini mempunyai fungsi tersendiri, diantaranya adalah :

1. Time Limits
Cara membatasi Aktifitas Pengguna dengan Windows Parental Control
Time Limits berfungsi untuk memberikan batasan waktu, seperti pada jam berapa saja user account ini dapat digunakan. Artinya, jika User account ini digunakan oleh anak kita, maka kita dapat mengaturnya hanya pada jam-jam tertentu saja anak tersebut dapat menggunakan komputer.

2. Game Ratings
Cara membatasi Aktifitas Pengguna dengan Windows Parental Control
Pada menu Game Ratings ini kita dapat membatasi apakah user account tersebut boleh memainkan game ? Jika sobat memilih Yes maka user account tersebut dapat memainkan game, dan jika sobat saliders memilih No, maka user tersebut tidak dapat memainkan game pada komputer kita.

3. Program Limits
Cara membatasi Aktifitas Pengguna dengan Windows Parental Control
Pada pilihan ke tiga yaitu Program Limits, kita sebagai administrator dapat membatasi seorang user standart agar tidak dapat menjalankan program atau aplikasi tertentu pada komputer kita. untuk mengaktifkanya, sobat saliders dapat memilih pilihan kedua, yaitu
Nazilah can only use the programs I allow, kemudian beri tanda centang atau check pada aplikasi yang diperbolehkan, lalu klik OK

Dengan mengatur User Account Control (UAC) pada komputer, maka keluarga kita akan tetap aman saat menggunakan komputer, baik itu saat menggunakan game, menggunakan program aplikasi yang ada pada komputer dan juga tetap dapat mengontrol waktu-waktu tertentu saat menggunakan komputer, karena sering kali seorang anak juka sudah menggunakan komputer akan lupa waktu.

Demikian tutorial kali ini mengenai cara mengaktifkan User Account Control (UAC) untuk menjaga user lain saat menggunakan Laptop atau komputer kita. Jika ada pertanyaan yang perlu disampaikan, silahkan sobat saliders sampaikan pada kolom komentar yang telah tersedia. Terimakasih dan sampai jumpa pada tutorial selanjutnya.

0 Response to "Cara membatasi Aktifitas Pengguna dengan Windows Parental Control"

1. Silahkan tinggalkan komentar yang sopan dan sesuai dengan pembahasan.
2. Jangan pernah meninggalkan komentar yang mengandung Link aktif.